Home Travel Serulingmas Zoo di Banjarnegara Wajibkan Pengunjung Pakai Masker Dibuka Agustus

Serulingmas Zoo di Banjarnegara Wajibkan Pengunjung Pakai Masker Dibuka Agustus

by Nazira Khasanah

Perumda Taman Rekreasi Marga Satwa (TRMS) Serulingmas di Banjarnegara, Jawa Tengah kembali dibuka pada 1 Agustus 2020. Pembukaan dilakukan setelah tutup 3 bulan lebih karena pandemi Covid 19. Pembukaan ini ditandai dengan Disposisi Bupati Banjarnegara atas nota dinas Direktur Perumda TRMS Serulingmas nomor 003/TRMS/2020 tanggal 21 Juli 2020 perihal Permohonan Persetujuan Pembukaan Kembali Objek Wisata.

Pembukaan objek wisata di Banjarnegara di masa pandemi dilakukan dengan protokol khusus. Pengelola TRMS Serulingmas menerapkan berbagai peraturan untuk mencegah merebaknya Covid 19. “Kita tetap menggunakan protokol kesehatan terkait pembukaan kembali objek wisata sesuai aturan pemerintah, "kata Direktur TRMS Serulingmas, Lulut Yekti Adi, (27/7/2020).

Di antara protokol kesehatan yang diterapkan oleh Perumda TRMS Serulingmas, yakni dengan menempatkan alat cuci tangan di berbagai titik. Petugas juga akan mengecek suhu badan setiap pengunjung yang akan masuk objek wisata. Wisatawan wajib memakai masker untuk mencegah penularan virus.

Pengelola juga membuat jalur wisata khusus sebagai upaya mengurangi kontak langsung antar pengunjung. Selain menerapkan protokol kesehatan, Perumda TRMS Serulingmas juga membentuk satuan gugus tugas Covid 19. Mereka akan berkomunikasi secara intensif dengan Satgas Covid 19 Kabupaten.

Gugus tugas yang dibentuk akan bertugas antara lain mensosialisasikan protokol kesehatan kepada pengunjung. “Tentu kita membentuk gugus tugas, karena pembukaan wisata ini kan bukan berarti virusnya hilang,"katanya TRMS Seruling termasuk salah satu objek wisata yang paling terdampak pandemi Covid 19.

Selama objek wisata itu tutup lebih dari 3 bulan, pengelola tetap menanggung biaya operasional yang besar, terutama untuk pakan satwa. Pengeluaran terbesar adalah pakan untuk karnivora atau pemakan daging. Pengelola sampai sempat menggalang donasi untuk membantu operasional pakan satwa yang kesejahteraannya ikut terancam karena pandemi.

You may also like

Leave a Comment