Home Sport Kejelasan Seri Portugal Sirkuit Portimao Diumumkan 10 Agustus MotoGP 2020

Kejelasan Seri Portugal Sirkuit Portimao Diumumkan 10 Agustus MotoGP 2020

by Nazira Khasanah

Seri Portugal akan menjadi tambahan agenda MotoGP 2020, tepatnya akan berlangsung di Sirkuit Portimao. Dorna Sports secara resmi memberikan pengumuman bahwa kalender MotoGP 2020 akan mengalami penambahan satu seri. Keputusan tersebut disampaikan oleh CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta berbarengan dengan dibatalkannya tiga seri Non Eropa.

Yakni meliputi GP Thailand, Argentina, dan Malaysia. Lantas alasan apa yang membuat Dorna Sports memilih Portugal untuk melangsungkan seri ke 15 kali ini? Jawabannya ialah pada posisi negara Portugal.

Portugal yang berada di daratan Eropa, akan mempermudah penyelenggara dan meminimalisir biaya akomodasi. Hal ini selaras dengan keinginan sang CEO Dorna Sports itu yang ingin memfokuskan MotoGP 2020 di benua Eropa. "Kami senang dapat menambahkan Grand Prix lain di Eropa, ke dalam kalender kejuaraan musim ini," ujar Carmelo Ezpeleta, seperti yang dikutip dari

Dalam pernyatataan yang tertulis dari laman resmi, rincian terkait penetapan GP Portugal akan diumumkan pada 10 Agustus nanti. Terkait pelaksanaan MotoGP 2020 seri Portugal akan tersaji pada 20 hingga 22 November. Tepatnay selepas GP yang tersaji di Valencia, 15 November mendatang.

"Setelah Grand Premio Motul de la Comunitat Valenciana, akhir pekan balapan lainnya akan berlangsung dari tanggal 20 hingga 22 November di sebuah venue di Eropa, menjadi final musim 2020." "Rincian lebih lanjut tentang tempat tuan rumah akan dikonfirmasi pada Senin 10 Agustus," tulasi pernyataan resmi MotoGP. Sebelumnya memang Sirkuit Portimao telah diwacanakan oleh Dorna untuk menggelar balapan ajang bergengsi Grand Prix tahun ini.

Praktis, jika keputusan tersebut benar adanya, MotoGP 2020 akan tergaransi dengan 15 seri. Sejauh ini Dorna Sports telah memastikan 14 kali balapan akan berlangsung. Du di antaranya telah selesai dilaksanakan.

Seri pembuka MotoGP musim ini berlangsung di Jerez, Spanyol, 19 Juli lalu. Di mana Fabio Quartararo dari tim Yamaha Petronas SRT berhasil merengkuh podium uatama. Seri kedua tersaji di Andalusia, akhir pekan lalu menisbatkan kembali Quartararo sebagai rideryang tercepat. Dengan dua kemenangan beruntun, rider yang berjuluk El Diablo itu kini mengoleksi 50 poin alias angka sempurna.

Ia berhak menempati puncak klasemen MotoGP 2020. Para pembalap baru akan melangsungkan seri ketiga di Republik Ceko akhir pekan depan. Seri ketiga akan tersaji di Republik Ceko, Sirkuit Brno pada 9 Agustus.

GP Portugal, Sirkuit Portimao : 22 November GP Spanyol, Sirkuit Jerez : 19 Juli GP Andalusia, Sirkuit Jerez : 26 Juli

GP Republik Ceska, Sirkuit Brno : 9 Agustus GP Austria, Red Bull Ring : 16 Agustus GP Styria, Red Bull Ring : 23 Agustus

GP San Marino, Sirkuit Misano : 13 September GP Emilia Romagna, Sirkuit Misano : 20 September GP Catalunya, Circuit de Barcelona Catalunya : 27 September

GP Prancis, Sirkuit Le Mans : 11 Oktober GP Aragon, Sirkuit Aragon : 18 Oktober GP Teruel, Sirkuit Aragon : 25 Oktober

GP Eropa, Sirkuit Ricardo Tormo : 8 November GP Valencia, Sirkuit Ricardo Tormo : 15 November

You may also like

Leave a Comment