Home Lifestyle Berikut Cara Membuatnya Lengkap dengan Tips Mengolahnya Resep Rendang Daging

Berikut Cara Membuatnya Lengkap dengan Tips Mengolahnya Resep Rendang Daging

by Nazira Khasanah

Berikut resep memasak 'Rendang Daging' yang cocok dihidangkan saat perayaan Idul Adha. Menu 'Rendang Daging', bisa menjadi referensi Anda untuk mengolah daging kurban yang Anda miliki. Memasak Rendang Daging kurang lebih membutuhkan waktu60 menit.

400 gram daging rendang, potong potong daging melawan serat 1.000 ml santan encer (dari sisa perasan santan kental) 500 ml santan kental dari 2 butir kelapa

Cm lengkuas, dimemarkan Batang serai, diambil putihnya, dimemarkan Lembar daun kunyit, diikat

Lembar daun jeruk, dibuang tulangnya Buah asam kandis Sendok teh garam

1/2 sendok teh gula merah 15 buah cabai merah keriting Buah cabai merah besar

15 butir bawang merah Siung bawang putih Cm jahe

Butir kemiri, disangrai 1/2 sendok teh merica Sendok teh ketumbar

1. Rebus santan encer, bumbu halus, lengkuas, serai, daun kunyit, daun jeruk, dan asam kandis. 2. Kemudian sambil diaduk sampai mendidih. 3. Lalu masukkan daging, garam, dan gula merah.

4. Setelah itu masak di atas api sedang sambil sesekali diaduk sampai daging empuk dan kuah mengental. 5. Kemudian tuang santan kental. 6. Masak di atas api kecil sambil diaduk sampai berminyak dan kering.

Takaran resep tersebut dapat menghasilkan kurang lebih 5 porsi Rendang Daging. Anda juga mengkreasikan resep menu diatas sesuai dengan keinginan Anda. Rendang Dagingmemiliki cita rasa rempah rempah yang nikmat, dan cocok sebagai menu makan bersama keluarga.

Anda bisa menghidangkan menu tersebut bersama nasi putih yang masih hangat. 1.Bungkus dengan Daun Pepaya Bungkus daging dengan daun pepaya selama kira kira 30 menit sebelum mulai dimasak.

Kandungan zat papain dalam daun pepaya selalu berhasil mengempukkannya. 2.Balur dengan Parutan Nanas Buah nanas yang masih muda juga bisa digunakan untuk mengempukkan daging, dengan cara memarut nanas kemudian balurkan pada daging dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

Enzim bromelain di dalamnya memang cukup keras sehingga mampu mengempukkan serat daging. 1. Jangan mencuci daging Mencuci daging menggunakan air keran dapat menyebabkan kuman kuman masuk dan tinggal di pori pori daging, hal ini dapat merusak kualitas daging.

Maka lebih baik cuci daging saat akan dimasak atau paling baik, daging tidak perlu dicuci sama sekali sebelum dimasak, kuman akan mati selama proses pemasakan. 2. Jangan menyimpan daging dalam ukuran besar Sebelum menyimpan daging, potong potong daging menjadi ukuran yang lebih kecil.

Kemudian simpan dalam beberapa plastik sebelum dimasukkan ke dalam freezer, karena daging akan cepat busuk jika suhunya terus berubah ubah. 3. Dinginkan terlebih dahulu Agar daging tahan lama lebih dari 1 tahun, jangan langsung simpan daging dalam freezer, ada baiknya daging lebih dulu dimasukkan ke dalam kulkas selama 4 sampai 5 jam.

Setelah itu, pindah daging ke dalam penyimpanan freezer setelah daging menjadi dingin. 4. Cairkan dengan cara yang benar Saat akan memasak daging yang masih beku, kita pasti harus melelehkannya dulu, dengan meletakannya di chiller atau kulkas pada malam sebelumnya.

Hindari mencairkan daging dengan mencelupkannya dalam air, cara ini salah besar karena akan membuat daging terkontaminasi kotoran. Jadi pastikan daging yang Anda miliki sudah tersimpan dengan benar, agar dapatawet disimpan dan diolah untuk waktu yang cukup lama.

You may also like

Leave a Comment