Home Otomotif Bedah Fitur Keselamatan ESP dan Hill Hold Control di All New Ertiga Suzuki Sport

Bedah Fitur Keselamatan ESP dan Hill Hold Control di All New Ertiga Suzuki Sport

by Nazira Khasanah

Mobil multipurpose vehicle (MPV) laris dari Suzuki, All New Ertiga, kini resmi memiliki varian terbaru tipe Sport yang resmi diluncurkan hari ini di Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat (22/3/2019) dengan sebutan All New Ertiga Suzuki Sport. Varian baru All New Ertiga Suzuki Sport ini memiliki 2 fitur keamanan dan keselamatan baru yang cukup menonjol dan biasanya hanya ada di mobil mobil menengah ke atas yang dipasarkan di Indonesia. Dua fitur keselamatan tersebut adalah Electronic Stabilty Program atau ESP dan HIll Hold Control. Fitur Hill Hold Control hanya tersemat di All New Ertiga Sport varian trasmisi otomatis.

Fitur ESP ini sangat berguna untuk menjaga kendaraan tetap berada di jalan dan tetap terkontrol di jalur track nya. Fitur ini bisa diaktifkan dan dinonkatifkan. Saat aktif, fitur ini akan bekerja menggunakan sensor saat Anda memutar lingkar kemudi, menginjak pedal gas atau rem dan dikirim ke komputer central (ECU) pada mobil untuk kemudian diolah menjadi respon yang diberikan oleh kendaraan. Hal ini mencegah risiko celaka saat Anda berbelok tajam ke kiri atau kanan namun pada saat yang sama kendaraan masih berjalan lurus ke depan.

Misalnya saat Anda melaju di jalanan yang licin karena hujan deras. Fitur ini membantu agar kendaraan tetap memiliki traksi. Pendek kata, dengan teknologi yang terkomputerisasi, fitur ESP membantu mengoptimalkan pengendalian kendaraan, meminimalkan gejala selip serta meminimalkan gejala understeer dan oversteer saat kita mengemudi. Fitur ESP biasanya terdapat pada mobil mobil menengah atas dan di Eropa sudah digunakan sebagai perlengkapan standar sejak tahun 2014.

Fitur keselamatan lainnya di All New Ertiga Sport adalah Hill Hold Control. Fitur ini bekerja untuk menahan kendaraan tidak ngeloyor turun saat sedang berada di tanjakan atau turunan tajam. Saat berada di tanjakan, dan mobil dari posisi diam, fitur Hill Hold Control akan memberikan jeda sekitar dua detik untuk memberikan kesempatan kepada kaki pengemudi untuk melepaskan rem dan memindahkan kaki ke pedal gas. Manfaat fitur ini, mobil tidak merosot turun.

Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Riecky Patrayudha mengatakan, di All New Ertiga Sport, fitur Hill Hold Control hanya terdapat di varian transmisi otomatis karena hanya di varian ini fitur tersebut lebih dibutuhkan. "Ini karena semata faktor teknis saja kenapa fitur ini tidak kita sematkan di varian transmisi manual," ujar Riecky. All New Ertiga Sport ditawarkan dengan harga Rp 241 juta on the road Jakarta untuk varian transmisi manual dan Rp 251,5 juta untuk varian transmisi matik.

Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT SIS mengatakan, All New Ertiga Suzuki Sport mendapatkan penambahan 11 fitur pembaruan yang membuatnya tampil beda dari model tertinggi Ertiga yang sekarang ada, yakni All New Ertiga GX. Pembaruan itu meliputi penyematan di bagian eksterior berupa body kit seperti upper and lower front grille, front under spoiler, side under spoiler di bodi kiri dan kanan, rear upper spoiler, dan rear under spoiler. Untuk memberikan keamanan maksimal saat berkendara di malam hari terutama saat cuaca buruk, PT SIS menyematkan daytime running light (DRL) LED di bagian bumper depan serta defogger.

PT SIS juga menambahkan kamera parkir belakang di All New Ertiga Suzuki Sport. Di bagian interior, All New Ertiga Suzuki Sport tampil dengan dasbor warna baru hitam. Begitu juga pada bagian joknya. Nuansa hitam ini juga tampil pada installation panel dan door trim. Ada penyematan emblem Suzuki Sport di pintu di All New Ertiga Suzuki Sport. PT SIS juga menambahkan emblem Suzuki Sport di pintu belakang sebelah kiri untuk menegaskan varian ini sebagai All New Ertiga Suzuki Sport sekaligus memperkuat citra sporty nya.

"Penyematan konsep Suzuki Sport pada All New Ertiga untuk memenuhi selera pasar yang menginginkan mobil keluarga dengan tampilan sporty dan fitur modern," ungkap Setiawan Surya di acara peluncuran.

You may also like

Leave a Comment